//
you're reading...
INFO LOMBA

Sayembara Desain Logo Tata Ruang 2008

Deadline: 18 September 2008

Latar belakang Diterbitkannya Undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (UUPR), akan memberikan dampak yang luas kepada masyarakat dalam pengelolaan ruang, terutama hubungannya antara manusia dengan alam dan lingkungannya. Upaya menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan, sesuai amanat UUPR, bukanlah hal yang mudah. Upaya mencapai target kualitas tata ruang ini akan […]

<!–
google_ad_client = “pub-8224863144128014”;
/* 300×250, created 7/2/08 */
google_ad_slot = “9370829180”;
google_ad_width = 300;
google_ad_height = 250;
//–>

This ad zapped.

Deadline: 18 September 2008

Latar belakang

Diterbitkannya Undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (UUPR), akan memberikan dampak yang luas kepada masyarakat dalam pengelolaan ruang, terutama hubungannya antara manusia dengan alam dan lingkungannya.

Upaya menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan, sesuai amanat UUPR, bukanlah hal yang mudah. Upaya mencapai target kualitas tata ruang ini akan lebih ringan bila didukung seluruh pemangu kepentingan, diantaranya dengan terus meingkatkan peran masyarakat.

Masyarakat akan dapat lebih berperan bila kiprahnya dalam penyelenggaraan penataan ruang mendapat penghargaan semestinya, tidak cukup hanya jaminan yang ditetapkan dalam peraturan perundangan.

Untuk itu, sayembara ini dilaksanakan sebagai salah satu media mengajak masyarakat luas ecara bersama-sama mendesain logo tata ruang baik secara perseorangan maupun kelompok yang dibagi dalam tiga kategori: Pelajar, Mahasiswa, dan Umum.

Sayembara ini menjadi rangkaian tidak terpisahkan dari peringatan Hari Tata Ruang 2008 yang akan diaksanakan pada tanggal 8 November 2008, untuk pertama klainya, bertepatan dengan peringatan “World Town Planning Day.”

Tujuan

Mengajak masyarakat turut serta membentuk “Image Building” Penataan Ruang, terutama dalam menumbuhkan kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab masyarakat dalam penataan ruang.

Sasaran

  • Tersedianya Logo Tata Ruang yang mudah dimengerti, dipahami dan dicerna oleh berbagai status sosial dan tingkat ekonomi masyarakat.
  • Terciptanya Logo Tata Ruang yang permanen dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas penyelenggaraan penataan ruang, termasuk dalam peringatan Hari Tata Ruang.

Desain Logo

  • Menggambarkan integrasi dan harmonisasi unsur-unsur Tata Ruang yang meliputi: manusia, lingkungan alami, lingkungan binaan dalam dimensi ruang darat, laut, udara, dan dalam bumi.
  • Lingkungan alami: flora, fauna, dan unsur geografi (gunung, laut, sungai, dan sebagainya); lingkungan binaan: perumahan, industri, pertanian, perdagangan, dan lainnya, termasuk instrukturnya.

Peserta Sayembara

Sayembara tebruka untuk 3 (tiga) kategori: Pelajar, Mahasiswa, dan Umum, baik perseorangan maupun kelompok, kecuali pegawai Direktorat Jenderal Penataan Ruang – Departemen Pekerjaan Umum.

Persyaratan Desain

  • Logo dapat didesain secara manual (menggunakan cat air, pensil warna, dll) atau dengan komputer menggunakan format-format dan teknologi desain yang mutakhir, atau kombinasi keduanya.
  • Logo didesain di atas kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dan tidak dilipat
  • Karya desain diserahkan kepada Penyelenggara dalam 2 (dua) sampul tertutup: sampul pertama berisi desain logo yang pada bagian belakangnya dicantumkan nama samaran, dan sampul kedua berisi fotocopy kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa) yang disertai dengan deskripsi/narasi desain logo yang diketik 1,5 spasi dengan fotn Arial 12pt pada kertas ukuran F4 (216 mm x 330 mm) maksimal 1 (satu) lembar.
  • Karya desain yang diserahkan secara langsung paling lambat diterima penyelenggara pada tanggal 18 September 2008 pukul 16.00 WIB. Penyelenggara tidak bertanggungjawab atas keterlambatan penerimaan karya yang dikirim melalui POS tercatat atau jasa pengiriman lainnya. Untuk onfirmasi dapat menghubungi telepon (021) 739 55 88 ext.361 / Fax (021) 726 0810, atau email: hwury@yahoo.com
  • Karya desain yang sudah disampaikan kepada penyelenggara, sepenuhnya menjadi milik Departemen Pekerjaan Umum

Dewan Juri

  1. Djoko Sujarto (ITB)
  2. Gregorius Wismantya (Profesional Desain Grafis)
  3. Bernadus Jokoputro (IAP)
  4. Dedi Permadi (Puskom Dep PU)
  5. Eko Yuli SUprapto (Ditjen Penataan Ruang)

Sertifikat dan Hadiah

Setiap peserta akan memperoleh sertifikat penghargaan dari Dirjen Penataan Ruang Departemen Pekerjaan Umum atas keikutsertaannya dalam sayembara.

Terhadap tiga karya desain terbaik masing-masing diberi penghargaan berupa hadiah:

  • Terbaik I: uang tunai Rp 7.5 juta*
  • Terbaik I: uang tunai Rp 5 juta*
  • Terbaik I: uang tunai Rp 2.5 juta*

*)Pajak hadiah ditanggung penyelenggara

Pemenang utama dipilih dari terbaik I masing-masing kategori, dan diberi hadiah tambahan sebesar Rp 10 juta.

Penyelenggara:
Direktorat Jenderal Penataan Ruang
Departemen Pekerjaan Umum
Jl. Pattimura no. 20, Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan 12110; Telp. 021-739 5599 ext. 361,
Fax. 021-726 0810
Website: http://www.penataanruang.net

Sumber: Situs Ditjen Penataan Ruang Dept. PU via kontribusi dari eureka traveler (inbox infolomba[at]gmail.com)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: