//
you're reading...
INFO LOMBA

Kompetisi Karya Tulis Al-Quran (KKTA) UB-PIMNAS 2009

ub pimnas 2009 a

ub pimnas 2009 b

Latar Belakang

Pergeseran paradigma pengembangan pendidikan, yang semula berbasis isi (content-based) menjadi berbasis kompetensi (competence-based) menitikberatkan pada terwujudnya sinergi dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi. Kedua kompetensi ini sangat dibutuhkan di dunia kerja baik sebagai pekerja maupun sebagai pembuka lapangan kerja. Untuk itu, dengan adanya kesempatan mengikuti lomba karya tulis melalui berbagai jenis lomba, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan dirinya untuk mengkomunikasikan gagasannya melalui tulisan dan pemaparan secara lisan. Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa bidang Alqur’an (KKTA) akan lebih meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menemukan potensi sumberdaya lokal, berani bersaing, dan memberikan iklim untuk senantiasa senang dalam proses pembelajaran. Kualitas lulusan perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh nilai akademiknya saja melainkan juga daya nalar, sikap dan perilakunya. Pemangku kepentingan (stakeholders) dan pengguna lulusan acapkali memilih lulusan dengan alasan memiliki karakter yang didemonstrasikan dengan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis, kemampuan berpikir analitis dan logis, serta kemampuan bekerja secara mandiri dan bekerja dalam kelompok.

Tujuan

Tujuan diselenggarakannya KKTA adalah:

1. Mengembangkan iklim akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, dalam bentuk karya tulis yang komunikatif dan disampaikan mengikuti kaidah ilmiah baik secara tertulis maupun lisan

2. Mengembangkan penalaran mahasiswa agar mampu berpikir secara kritis dan analitis, menemukenali permasalahan yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan, serta menggagas berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan mengoptimalkan pertimbangan nilai-nilai yang terkandung dalam AlQur’an.

Hasil yang diharapkan Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif di perguruan tinggi melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, terwujudnya sikap ilmiah, sikap profesional, dan kepedulian terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat

2. Terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam bidang kandungan isi Al-Quran. Bentuk dan Peserta Kegiatan Kegiatan ini terbagi menjadi dua bentuk kegiatan yaitu penilaian karya tulis dan presentasi yang diadakan untuk kalangan mahasiswa PTN/PTS se Indonesia.

Penentuan Pemenang dilakukan dengan meggabungkan antara nilai karya tulis (60%) dan nilai presentasi (40%). Peserta seluruh kegiatan tersebut di atas akan memperebutkan Tropi dan hadiah uang, untuk setiap tema yang dikompetisikan.

Persyaratan Peserta

1. Peserta KKTA adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang mengikuti program S1 dan Diploma.

2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan.

3. Anggota peserta kelompok dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu.

4. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lain.

Tema dan Judul Karya Tulis Judul tulisan mengacu tema di bawah ini: “Peningkatan daya saing bangsa melalui keunggulan kepribadian” Petunjuk Penulisan Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Kreatif dan Objektif

* Tulisan berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat.

* Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak subjektif.

* Tulisan didukung data dan/atau informasi terpercaya.

* Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.

2. Logis dan Sistematis

* Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.

* Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis- sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.

3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan/atau hasil penelitian orang lain, dan tidak lebih dari 15 halaman termasuk daftar pustaka. Materi Karya Tulis Materi yang ditulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, walau yang bersangkutan tidak sedang belajar secara formal di bidang tersebut.Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.

Format Penulisan Format

penulisan mengacu pada penulisan PKM Gagasan Tertulis (PKMGT) dapat diakses pada website: http://www.dp2m-dikti.net, dengan headline: Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Oleh karena itu kepada semua peserta diharapkan agar membaca dengan cermat sistimatika dan petunjuk penulisan PKM-GT. Karya tulis yang dikirim disampul menggunakan kertas manila, dengan warna “biru”.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama desk evaluation, dan tahap kedua presentasi bagi peserta yang lolos seleksi (passing grade), pada tanggal 19 Juli 2009 bertempat di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Sosial UB. Peserta yang lulus seleksi tahap pertama akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2009 melalui website Pimnas UB.

Karya tulis sudah harus diterima panitia paling lambat tanggal 30 Juni 2009 (stempel pos), dan dikirim ke alamat Panitia. Penghargaan Penghargaan berupa tropi, sertifikat dan hadiah uang diberikan kepada tiga pemenang pada tiap-tiap kelas sesuai dengan tema.

Dengan demikian terdapat 15 pemenang, dengan rincian:

Kelas I : Tema :“Peningkatan daya saing bangsa melalui keunggulan kepribadian”; masing-masing Juara I, II, dan III;

Kelas II : Tema : “Menghargai waktu”; masing-masing Juara I, II, dan III;

Kelas III : Tema : “Hormat menghormati terhadap sesama (orang tua, guru, dan orang lain)”; masing-masing Juara I, II, dan III;

Kelas IV : Tema : “Menghindari makanan dan minuman yang memabukkan (termasuk narkoba)”; masing-masing Juara I, II, dan III;

Kelas V : Tema : “Etika Islam dalam berniaga”; masing-masing Juara I, II, dan III.

Link: http://www.pimnas2009.brawijaya.ac.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: