//
you're reading...
WACANA

140 Spesies Burung Menambah Indah Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

suarasurabaya.net|

Kawasan konservasi hutan mangrove (bakau) di Pantai Timur Surabaya, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, ternyata memiliki sekurangnya 140 spesies burung. Dan jumlah itu bisa jadi yang terbesar disepanjang pulau Jawa. Pada sebuah kesempatan BAMBANG DH Walikota Surabaya, menyampaikan, dari 140 spesies tersebut, sekitar 84 spesies merupakan spesies menetap, 12 spesies dilindungi dan 44 spesies migran. “Ini patut disyukuri. Mudah-mudahan dengan pemeliharaan dan konservasi yang benar dan bagus keberagaman spesies burung tersebut,” ujar BAMBANG DH kepada jurnalis dalam sebuah kegiatan disekitar bosem Wonorejo.

Hutan mangrove merupakan ekosistem yang produktif di dunia, baik dalam produktivitas primer maupun produktivitas jatuhan seresah atau sisa-sisa. Produktivitas mangrove yang tinggi ini secara langsung terkait dengan rantai makanan melalui aliran energi yang tertumpu atau di dasarkan pada jatuhan seresah dan detritus. Kesuburan perairan mangrove ini, menjadikannya sebagai daerah yang banyak dikunjungi oleh beragam satwa dan menyumbang hara bagi perairan pantai terdekat. Sehingga mangrove pantai timur Surabaya, berpotensi sebagai habitat burung air. Kamis (04/06) dipimpin langsung oleh Tim SAR Sampoerna iring-iringan perahu karet bermuatan beberapa pejabat Pemkot Surabaya serta sejumlah jurnalis, menyusuri kawasan pantai timur Surabaya. “Kawasan ini bisa dikelola menjadi kawasan wisata keluarga yang tidak sekedar menikmati hutan mangrove tetapi sekaligus, mengenal berbagai jenis mangrove, dan habitat satwa yang ada temasuk aneka spesies burung tersebut,” terang TRI RISMAHARINI Kepala Bappeko Surabaya, yang ikut menyusuri kawasan mangrove Wonorejo.

Kamis (04/06).(tok) Teks foto: Berbagai spesies burung juga ada di hutan mangrove timur Surabaya. Foto: TOTOK suarasurabaya.net

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: