//
you're reading...
WACANA

MONAS, Surga bagi burung Perkutut (Geopelia striata) di tengah kota Jakarta

Di suatu pagi tepatnya selasa (27/10/09), ketika saya (arifiin,red.) melakukan perjalanan berkeliling Monumen nasional (MONAS) Indonesia di Jakarta, saya bersama seorang teman (arnold,red.) yang juga seorang Birdwatcher menunjukkan ke saya tentang keberadaan sekawanan burung Perkutut (Geopelia striata).
Burung ini merupakan burung pemakan biji yang memiliki Tubuh berukuran kecil (21 cm).Tubuh ramping, ekor panjang. Kepala abu-abu, leher dan bagian sisi bergaris halus, punggung coklat dengan tepi hitam. Bulu sisi terluar ekor kehitaman dengan ujung putih. Iris dan paruh abu-abu biru, kaki merah jambu tua. Hidup berpasangan atau kelompok kecil. Makan di permukaan tanah. Kadang berkumpul untuk minum di sumber air. Makanan: biji-bijian, serangga. Sarang berbentuk datar tipis dari ranting-ranting. Telur berwarna putih, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari-September. Memiliki kelebihan mampu mengemisikan suara yang terdengar merdu. Suara merdu tersebut umumnya dihasilkan oleh individu perkutut jantan.
Perkutut (Geopelia striata) di tengah kota Jakarta by KSBL pecuk
Burung Perkutut (Geopelia striata) banyak berkeliaran di daerah sekitar Monas. Burung ini banyak beraktifitas di paving jalan. Sarang-sarang buatan banyak di temukan diantara pohon Palm raja (Oreodoxa Regia) yang sengaja dibuat oleh PEMDA DKI Jakarta.

sarang Perkutut (Geopelia striata) di tengah kota Jakarta--- by KSBL pecuk

Dari wacana seperti ini, kita bisa berkaca bahwa kepedulian kita terhadap burung dan Habitatnya bisa kita wujudkan setidaknya memberikan sarang buatan demi kehidupan burung yang ada di alam bebas. Dan sebagai bentuk pembelajaran bahwa usaha Konservasi harus selalu dilaksanakan dimanapun dan kapanpun kita ada. (afien_4r/MIK)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: